Thursday, March 13, 2014

kumpulan pojok diskusi ips





TUGAS INDIVIDU
Disusun guna memenuhi salah satu tugas mata kuliah :
Konsep Dasar IPS 
Dosen pengampu : QORIATI MUSHAFANAH, S.Pd,M.Pd



DISUSUN OLEH :
RYAN HADI PURNOMO
( 13120137 )



PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI SEMARANG
2013

Bab 2
Pojok diskusi . . . .!!
Analisislah secara kelompok konsep konsep dasar dalam ilmu sejarah minimal lima dan berikan keterangan, contoh serta beberapa hal pendukung yang lainya dalam masing masing konsep . . .!!
Jawab . .!!
  1. Perubahan
Konsep perubahan meupakan istilah yang mengacu kepada sesuatu kepada hal yang menjadi “tampil beda” .
Konsep tersebut demikian penting dalam sejarah dan perubahan sejarah. Mengingat sejarah itu pada hakikatnya merupakan perubahan.
Contoh :
1.      Hubungan antarunsur (misalnya: ikatan sosial, loyalitas, ketergantungan, hubungan antarindividu, integrasi).Berfungsinya unsur-unsur di dalam sistem (misalnya: peran pekerjaan yang dimainkan oleh individu atau diperlukannya tindakan tertentu untuk melestarikan ketertiban sosial).
2.      Pemeliharaan batas (misalnya: kriteria untuk menentukan sipa saja yang termasuk anggota sistem, syarat penerimaan individu dalam kelompok, prinsip rekrutmen dalam organisasi, dan sebagainya).
3.      Subsistem (misalnya: jumlah dan jenis seksi, segmen, atau divisi khusus yang dapat dibedakan).
4.      Lingkungan (misalnya: keadaan alam atau lokasi geopolitik).

2.        Sejarah sebagai kisah
Berupa narasi yang di susun berdasarkan pendapat, memori, kesan atau tafsiran manusia terhadap suatu peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Di sebut sejarah sebagai subyek artinya sejarah mendapatkan penafsiran
                                               
dari penyusun cerita sejarah. Dalam hal ini sejarahwan mempunyai peran
sebagai “The Man Behind the gun” artinya mereka menyusun cerita sejarah beradasarkan jejak-jejak sejarah namun tetap di pengaruhi sudut pandang mereka sendiri.
Faktor yang harus diperhatikan dan mempengaruhi dalam melihat sejarah sebagai kisah, adalah sebagai berikut.
·        Kepentingan yang diperjuangkannya
kepentingan dapat terlihat dalam cara seseorang menuliskan dan  kisah/peristiwa sejarah. Kepentingan tersebut dapat berupa kepentingan pribadi maupun kepentingan kelompok.
Contoh:
Seorang pencerita biasanya akan lebih menonjolkan perannya sendiri dalam suatu peristiwa. Misalnya, seorang pejuang akan menceritakan kehebatanya dalam menghadapai penjajah.
· Kelompok sosial dimana dia berada
Dalam hal ini adalah lingkungan tempat ia bergaul, berhubungan  sesama pekerjaannya atau statusnya. Darimana asal pencerita sejarah tersebut juga mempengaruhi cara penulisan sejarah.
Contoh:
Seorang sejarawan akan menulis sejarah dengan menggunakan kaidah akademik ilmu sejarah sedang seorang wartawan akan menulis sejarah dengan bahasa wartawan     
Perbendaharaan pengetahuan yang dimilikinya
dan latar belakang kemampuan ilmu yang dimiliki pencerita sejarah juga mempengaruhi kisah sejarah yang disampaikan.
tersebut dapat terlihat dari kelengkapan kisah yang akan disampaikan, gaya penyampaian, dan interpretasinya atas peristiwa sejarah yang akan dikisahkannya. Kemampuan bahasa yang dimilikinya
Pengaruh kemampuan bahasa seorang penutur/pencerita sejarah sebagai kisah terlihat dari hasil rekonstruksi penuturan kisah
sejarah. Hal ini akan sangat bergantung pada kemampuan bahasa si penutur kisah sejarah.

3.      Sejarah sebagai peristiwa
Kejadian yang sebenarnya telah terjadi atau berlangsung pada masa lalu. Di sini sejarah adalah obyek.
Ciri utama dari Sejarah sebagai peristiwa adalah sebagai berikut.
· Abadi,
Karena peristiwa tersebut tidak berubah-ubah. Sebuah peristiwa yang sudah terjadi dan tidak akan berubah ataupun diubah. Oleh karena itulah maka peristiwa tersebut atas tetap dikenang sepanjang masa.
· Unik,
Karena peristiwa itu hanya terjadi satu kali. Peristiwa tersebut tidak dapat diulang jika ingin diulang tidak akan sama persis.
· Penting,
Karena peristiwa yang terjadi tersebut mempunyai arti bagi seseorang bahkan dapat pula menentukan kehidupan orang banyak.
Tidak semua peristiwa dapat dikatakan sebagai sejarah. Sebuah kenyataan sejarah dapat diketahui melalui bukti-bukti sejarah yang dapat menjadi saksi terhadap peristiwa yang telah terjadi. Agar sebuah peristiwa dapat dikatakan sebagai sejarah maka harus memenuhi ciri-ciri berikut ini.
a. Peristiwa tersebut berhubungan dengan kehidupan manusia baik sebagai individu maupun kelompok.
b. Memperhatikan dimensi ruang dan waktu (kapan dan dimana)
      c. Peristiwa tersebut dapat dikaitkan dengan peristiwa yang lain
Contoh: peristiwa ekonomi yang terjadi bisa disebabkan oleh aspek politik, sosial dan budaya.
d. Adanya hubungan sebab-akibat dari peristiwa tersebut.
Adanya hubungan sebab akibat baik karena faktor dari dalam maupun dari luar peristiwa tersebut. Penyebab adalah hal yang menyebabkan peristiwa tersebut terjadi.
e. Peristiwa sejarah yang terjadi merupakan sebuah perubahan dalam kehidupan.
Hal ini disebabkan karena sejarah pada hakekatnya adalah sebuah perubahan dalam kehidupan manusia. Selain itu, sejarah mempelajari aktivitas manusia dalam konteks waktu. Perubahan tersebut dapat meliputi berbagai aspek kehidupan seperti politik, sosial, ekonomi, dan budaya.
Peristiwa adalah kenyataan yang bersifat absolut atau mutlak dan objektif. Sejarah sebagai peristiwa merupakan suatu kenyataan yang objektif artinya kenyataan yang benar-benar ada dan terjadi dalam kehidupan masyarakat manusia. Kenyataan ini dapat dilihat dari fakta-fakta sejarahnya. Peristiwa-peristiwa sejarah tersebut dapat dilihat dari berbagai aspek kehidupan manusia seperti peristiwa politik, ekonomi, dan sosial.


4.      Sejarah sebagai Ilmu
Susunan pengetahuan tentang peristiwa dan cerita yang terjadi dalam masyarakat manusia pada masa lalu yang di susun secara sistematis dan menggunakan metode yang di dasarkan atas asas-asas, prosedur dan metode serta teknik ilmiah yang di akui oleh para pakar sejarh.
Syarat sejarah sebagai ilmu :
Ø  Obyek yang definitive
Ø  Adanya formulasi kebenaran yang dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya.
                                         
Ø  Menggunakan system penyusunan tertentu yang efisien.
      Sejarah sebagai ilmu memiliki cirri-ciri:
a.Empiris
Berasal dari bahasa yunani ‘empeiria’ artinya pengalaman. Sejarah sangat bergantung oada pengalaman manusia yang di rekam dalam dokumen.
b.Obyek
Sejarah memiliki obyek tersendiri yang sangat khusus dan tidak dimiliki  oleh ilmu lain yaitu waktu dalm kehidupan manusia.
c.Teori
Ilmu sejarah emiliki ilmu yang di sebut dengan filsafat sejarah kritis.meski sama-sama  berupa pengetahuan tentang waktu, sejarah berbeda dengan mitos. Dalam sejarah waktu harus di jelaskan secara mendetail. Sejarah juga memiliki teori yang berisi kumpulan kaidah-kaidah pokok suatu ilmu.
d.Metode
Metode yang di gunakan adalah metode pengamatan. Jika suatu pengamatan tidak di dukung oleh bukti yang jelas maka hasil pengamatan itu di tolak.

5.      Sejarah sebagai Seni
Sejarah sebagai seni membutuhkan intuisi, imajinasi, emosi dan gaya bahasa. Sejarah sebagai seni mempunyau beberapa kekurangan. Pertama sejarah sebagai seni akan kehilangan objektivitasnya karene seni merupakan hasil imajinasi. Ketepatan dan objektivitas sangat perlu dalam penulisan sejarah. Objektivitas berarti tidak ada pandangan individual. Kedua, sejarah akan terbatas. Hanya sejarah yang dapat dideskripsikan sebagai karya seni yang di akui. Sementara itu, tema-tema sejarah yang pentinglainya, sepeti sejarah ekonomi dan sejarah kuantitatif yang menyuguhkan angka-angka dan analisis tidak di tulis.
Sejarah sebagi seni memerlukan :
a. Intuisi : pemahaman langsung dan insting selama masa penelitian.
b. Imajinasi : seorang sejarahwan harus bias membayangkan apa yang sebenarnya terjadi.
c. Emosi : sejarahwan harus memiliki rasa empati yang tinggi untuk menyatukan perasaan dengan objeknya, seolah-olah mengalami sendiri.
d. Gaya bahasa : gaya bahasa yamg digunakan harus lugas dan tidak berbelit-belit agar mudah di pahami.


Bab 3
Pojok diskusi . .!!
bagaimanakah sumbangan geografi dalam pengajaran ips di sekolah, uraikanlah tentang tujuan,ruang lingkup pembelajaran geografi dan mengapa geografi harus mampu menjawab masalah geografi dunia di masa mendatang.,.,.

jawab . . !!
Tujuan pembelajaran IPS di sekolah yaitu :
            a. Berfungsi dalam pemecahan masalah geografi dengn melalui berbagai pendekatan,
            b. Hal ini ditujukan agar siswa dapat menjawab fenomena-fenomena alam yang terjadi   melalui kajian dalam ilmu geografi
            c .Mengetahui karakteristik setiap wilayah ataupun daerah
contohnya adalah Flora wilayah Indonesia Tengah
            Merupakan tipe peralihan antara wilayah barat dan timur dan termasuk hutan musim, yang meliputi : pohon kayu besi, pinus, kayu putih, bamboo,dan padang rumput.
Penyebaran : Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Maluku.
Fauna Indonesia
            Fauna di Indonesia jenisnya juga beranekaragam dan penyebaran tidak merata.Menurut catatan para ahli , di kawasan Indonesia ditempati kurang lebih 2.827 jenis fauna.Kriteria fauna Indonesia adalah:
v  Adanya binatang menyusui berbadan besar seperti gajah, badak, kerbau, sapi, dan lain-lain
v  Banyak dijumpai berbagai kera
v  Banyak terdapat ikan air tawar
v  Jenis-jenis burung tidak banyak macamnya
v  Banyak tipe ikan berbentuk lebar dan warna sesuai dengan warna airnya.
            Fauna Indonesia secara garis besar dikelompokan menjadi tiga zone, yaitu:
            a. Fauna Indonesia bagian Barat (Asiatis)
Fauna Indonesia bagian barat meliputi Pulau Sumatra , Jawa dan Kalimantan yang bercorak Asia .Ciri-ciri fauna Asiatis adalah:
Banyak binatang menyusui berukuran besar
Tidak dijumpai binatang berkantung
Tidak banyak jenis burung warna –warni
 Banyak terdapat tipe kera
Banyak jenis ikan tawar
b.  Fauna Indonesia Tengah (Peralihan)
Fauna daerah peralihan persebarannya mulai dari batas garis Wallace di bagian barat sampai batas garis Webber di bagian timur, yang meliputi Sulawesi, Nusa tenggara , dan Maluku. Contoh : Kuda, Tapir, Komodo, Anoa, Kuskus, Burung Maleo.
c. Fauna Wilayah timur (Australis)
Fauna Indonesia bagian timur persebarannya mulai dari garis Webber ke arah timur sampai perbatasan wilayah Indonesia dan Papua Nugini .Ciri-ciri fauna Australis adalah:
·      Banyak binatang berkantung
·      Banyak jenis burung warna-warni
·      Ikan air tawar jumlahnya terbatas
·      Tipe ikan laut kebanyakan berbentuk bulat panjang

D. PERSEBARAN JENIS TANAH DAN PEMANFAATAN
Tanah merupakankulit bumi yang terluar yang merupakan hasil dari proses pelapukan.Di Indonesia terdapat bermacam-macam jenis tanah yang disebabkan oleh:
a. Batuan induk yang berbeda
b. Curah hujan yang berbeda
c. Penyinaran matahari yang berbeda
d. Perbedaan relief
e. Keberadaan penutup tanah
Karakteristik dari jenis-jenis tanah yang ada di Indonesia adalah:
      1.  Litosol, yaitu tanah yang baru mengalami pelapukan dan sama sekali belum mengalami perkembangan tanah. Berasal dari batuan-batuan konglomerat dan granit, kesuburannya cukup, dan cocok dimanfaatkan untuk hutan. Penyebarannya di : Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, Nusa Tenggara, Maluku Selatan dan Sumatera.
      2.  Latosol, yaitu tanah yang telah mengalami pelapukan intensif, warna tanah tergantung susunan bahan induknya dan keadaan iklim. Latosol merah berasal dari vulkan intermedier, tanah ini subur, dan dimanfaatkan untuk pertanian dan perkebunan. Penyebarannya di seluruh Indonesia, kecuali di Nusa Tenggara dan Maluku Selatan.
       3. Aluvial ialah tanah muda yang berasal dari hasil pengendapan. Sifatnya tergantung dari asalnya yang dibawa oleh sungai. Tanah aluvial yang berasal dari gunung api umumnya subur karena banyak mengandung mineral. Tanah ini sangat cocok untuk persawahan. Penyebarannya di lembah-lembah sungai dan dataran pantai seperti misalnya, di Kerawang, Indramayu, Delta Brantas.
       4.  Regosol, belum jelas menampakkan pemisahan horisonnya. Tanah regosol terdiri dari: regosol abu vulkanik, bukit pasir, batuan sedimen, tanah ini cukup subur. Jenis tanah latosol terdiri dari ; latosol merah kuning, cokelat kemerahan, cokelat, cokelat kekuningan. Tanah ini cocok dimanfaatkan untuk pertanian padi
Mengapa geografi harus mampu menjawab geografi dunia di masa mendatang?
Karena, geografi memiliki kajian yang berkenaan dengan geosfer yang berkaitan dengan pembahasn mengenai lapisan permukaan bumi dengan berbagai gejalanya yang akan terjadi pada masa mendatang, alam lingkungan yang meliputi atmosfer,litosfer, dan biosfer. Kajian mengenai antroposper membahas tentang manusia dengan segala aktifitasnya,persebaran keruangan, serta analisis hubungan dan interaksi keruangan.
Contohnya adalah sebagai berikut :
Global warming ( pemanasan global )
Global warming atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan nama pemanasan global merupakan proses naiknya suhu rata-rata atmosfer, laut serta daratan bumi. Meningkatnya suhu tersebut menyebabkan bumi yang kita diami ini terasa lebih panas dan saat siang hari kita merasakan pana yang berlebihan. Kenaikan suhu bumi ini dimungkinkan diakibatkan oleh meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca akibat dari ulah dan aktivitas manusia itu sendiri. Dengan adanya global warming banyak sekali kerusakan yang dapat ditimbulkan, bukan hanya satu namun bisa mencapai seluruh struktur yang berada di bumi itu sendiri. Global warming bukanlah persoalan bagi pemerintah melainkan persoalan bagi seluruh umat penduduk bumi, bayangkan jika seandainya kutub utara dan selatan mencair apakah kita hanya akan menggantungkan nasib kita ke pemerintah saja? Global warming menjadi tanggung jawab kita masing-masing, semua masyarakat harus berperan aktif untuk mencegah atau melambatnya proses global warming.

Menaiknya suhu secara global (global warming) juga diperkirakan akan menimbulkan perubahan yang lain seperti halnya menyebabkan cuaca yang ekstrem dan menaikkan tinggi permukaan air laut. Selain itu perngaruh yang lain juga bisa di lihat dengan punahnya berbagai macam hewan, berpengaruhnya terhadap hasil pertanian dn hilangnya gletser. Ada banyak tindakan yang dilakukan oleh manusia tanpa menyadari bawhwa yang dilakukan tersebut ebenarnya membahayakan bumi, kebanyakan dari manusia hanya memikirkan keuntungan yang sesaat namun tidak memikirkan kerugian yang dapat ditimbulkan dalam jangka waktu yang panjang.

Global warming itu berbahaya? Ya tentu saja global warming itu sangatlah berbahaya. Dengan meningkatnya suhu rata-rata bumi akan bisa menyebabkan perubahan suhu yang sangat ekstrem masih ditambah lagi dengan kemungkinan es di kutub utara dan selatan akan mencair. Jika seandainya es kutub utara dan selatan mencair bisa di tebak negara manakah yang akan pertama kali tenggelam? Indonesia negara kepulauan seperti ini sangat rentan untuk mudah tenggelam. Terlebih Indonesia memiliki banyak sekali pulau-pulau kecil yang sangat mungkin untuk tenggelam. Tidak hanya itu perubahan cuaca yang ekstrem kadang juga menimbulkan berbagai macam penyakit baru yang sebelumnya belum pernah ada di muka bumi.

Bagaimana cara mengatasi pemanasan global (global warming):
1. Jangan menebang pohon sembarangan
Pohon merupakan penghasil gas O2 (oksigen) terbesar di dunia. setiap hari kita bernafas membutuhkan Oksigen,dan pohon-pohonlah yang setiap harinya menyediakan oksigen untuk kita. Semakin sdikit pohon akan menyebabkan gas CO2 (karbon dioksida) bisa dengan leluasa berkeliaran dan akhirnya membuat bumi semakin panas. Terlepas dari itu kita bernafas menggunakan oksigen tanpa adanya oksigen mungkin kita tidak akan bisa hidup sampai sekarang.

2. Kurangi menggunakan kendaraan pribadi

Banyaknya pemakaian kendaraan pribadi akan menyebabkan borosnya penggunaan bahan bakar. Kita semua tau bahwa setiap kendaraan berbahan bakar minyak akan mengeluarkan gas pembuangan berupa CO2 dan CO, gas-gas ini bila dalam jumlah yang besar dapat menimbulkan efek gas rumah kaca yang akhirnya membuat terjadinya global warming semakin parah. Selama anda masih bisa untuk menggunakan kendaraan umum gunakanlah kendaraan umum, hanya gunakan kendaraan pribadi saat anda memang benar-benar membutuhkannya.

3. Beralih dari kendaraan berbahan bakar minyak dengan kendaraan berbahan bakar alami dan ramah lingkungan.
Kendaraan dengan bahan bakar yang ramah lingkungan misalnya adalah kendaraan dengan bahan bakar listrik. Listrik selain harganya lebih murah ternyata juga lebih ramah terhadap lingkungan jika dibanding dengan bahan bakar minyak. Dengan menggunakan kendaraan berbahan bakar listrik anda tak perlu lagi risau saat harga BBM (Bahan bakar Minyak) naik.
5.. Melakukan Reboisasi (penanaman kembali hutan gundul)
Banyak tindakan yang telah dilakukan manusia seperti merusak hutan hanya untuk mencari keuntungan sesaat. Tanpa disadari hutan yang fungsinya sangatlah fital bagi manusia setiap harinya terus dirusak oleh sebagian manusia yang tidak bertanggung jawab. Solusinya adalah dengan menegaskan perundangan tentang perhutanan dan melakukan Reboisasi terhadap hutan yang sudah gundul. Selain aksi dari penebangan hutan secara liar hutan gundul juga bisa disebabkan karena kebakaran dan tanah longsor. Selain bisa mencegah terjadinya Global Warming hutan juga bisa mencegah terjadinya banjir, tanah longsor dan akan menjadikan suhu menjadi sejuk dan segar.

7. Tanamlah Pohon di Pekarangan rumah anda
Anda memiliki rumah dengan pekarangan yang tidak digunakan? Manfaatkanlah pekarangan tersebut untuk menanam berbagai macam tanaman. Anda tak harus menanam pohon jati atau mahoni, anda bisa menanam tanaman hias atau tanaman lain yang memiliki daun hijau serta memiliki potensi untuk bisa menghasilkan oksigen. Bayangkan jika semua masyarakat melakukan hal yang serupa maka kebutuhan akan oksigen akan sedikit demi sedikit terpenuhi.





Bab 4
Pojok diskusi . .!!
Analisislah secara berkelompok tentang perlunya tindakan alternatif dalam pemenuhan kebutuhan manusia, berikan penjelasan apa yang menjadi permaslahan utama dalam kehidupan ekonomi masyarakat indonesia saat ini . . !!
Jawab . .!!
Tindakan alternatif yang harus di lakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas itu dengan adanya pemilihan kebutuhan kebutuhan yang di nilai khusus/lebih penting di bandingkan dengan kebutuhan kebutuhan lainya, dalam hal ini manuasia harus bisa memprioritaskan hal hal yang perlu dulu untuk di dulukan,
Yang menjadi masalah dalam kehidupan ekonomi masyarakat Indonesia saat ini adalah
1.      pengangguran
pengangguran akan lebih banyak member dampak yang kurang baik bagi kegiatan ekonomi Negara
pengangguran akan menyebabkan prekonomian berada di bawah kodisi kapasitas penuh, pengangguran juga akan menyebabkan beban angkatan kerja yang bena benar produktif menjadi semakin berat, di samping secara sosial pengangguran akan menimbulakn kecendrungan masalah masalah kriminalitas dan masalah sosial lainya.
2.      Inflasi

Inflasi adalah naiknya harga barang/bahan pokok secara menyuluruh dan merata sehingga membuat nialai mata uang menjadi rendah/ barang yang di dapat lebih sedikit.

Dampak inflasi   :

A. Turunnya pendapatan riil bagi masyarakat yang berpenghasilan tetap.
B. Menyebabkan laju pertumbuhan ekonomi indonesia menjadi terhambat.
C. Turunnya nilai tabungan masyarakat.
D. Turunnya kekayaan masyarakat yang berbentuk kas.










Bab 5

Pojok diskusi. . !!
bagaimanakah anda menyikapai berbagai permaslahan sosial dengan berbagai
kompleksitasnya yang terjadi dewasa ini? Analisislah bersama teman dalam kelompok anda dengan menggunakan berbagai pendekatan sosiologis dan konsep konsep dasarnya . .??

jawab . .  !!
sikap yang harus di tekankan pada aspek ini adalah adanya saling pemahaman antar masarakat untuk menekan permasalahan permasalahan yang di timbul dari berbagai aspek.
untuk mengatasi berbagai maslah di dewasa ini dengan menggunakan konsep konsep dasar sosilogi
  1. Masyarat
Sebaiknya masyarakat mampu mengerti dan memahami peermaslahan yang terjadi saat ini , hidup masyarkat merupakan suatu integral karakteristik kehidupan manusia yang mengacu pada pola piker masyarakat yang kurang rensponsif dan adanya permaslahan permaslahn antra lain, kemiskinan,kesenjangan social dll


  1. Norma
Kurangnya pemahaman masyarakat akan norma norma yang sudah menjadi patokan untuk hidup bermasyarakt yang damai tanpa ada permaslahan
  1. Sanski
Kurang adanya sanski yang tegas bagi pelanggar norma noma
  1. Interaksi social
Kurang adanya interaksi social natra para masyarakat untuk menjalin kebersamaan yang harmonis., kurangnya interaksi ini memudahkan terjadinya konflik sosial,
  1. Penyimpangan
Banyak terjadi penyimpangan penyimpangan yang terjadi akibat terjadinya kesenjangan sosial

Bab 6
Pojok diskusi..!!
Analisilah tentang konsep konsep dasar antropologi dan jelaskan tentang bagaimana seharusnya menempatkan pengaruh budaya asing dalam pengembangan budaya nasional
Jawab..!!
permasalahannya yang kemudian muncul adalah pengaruh budaya barat yang mulai mengena. Perkembangan pesat era globalisasi saat ini, semakin menekan proses akulturasi budaya, terutama pengaruh budaya barat.
Dalam hal ini kita lebih baik menyaring atau jangan menelan mentah mentah perkembangan budaya barat yang masuk ke Negara kita sehingga kita lebih menekankan pada kemajuan budaya kita, atau baiknya kita mengenalkan budaya kita kepada Negara barat agar mereka juga mengetahui beragamnya warisan budaya Negara kita  dan kita juga harus memandang kebudayaan kita sebagai system struktur dari symbol simbol yang di miliki oleh Negara kita.,

Bab 7
Pojok diskusi. . !!
Analisislah bersama dengan kelompok anda tentang maslah maslah politik di Indonesia , berikan argument anda bagaimana seharusnya dan berikan solusi seputar masalah tersebut berdasarkan paradigm nada sebagai mahasiswa.,.,???
Jawab ..!!
Kondisi politik Indonesia saat ini
Kondisi politik yang ada di Indonesia saat ini sangat buruk. Keterpurukan ini disebabkan perpolitikan Indonesia yang tidak sehat. Banyak politisi di Negara ini yang terlibat kasus korupsi. Mereka lebih mementingkan kepentingan pribadi dan lupa akan tugasnya sebagai pejuang rakyat. Bahkan saat ini banyak pejabat dan tokoh yang hanya bisa bercuap-cuap berdiskusi di televisi mencaci maki kinerja pemerintah tanpa mengetahui jalan keluarnya. Bukankah lebih baik bertindak dibandingkan hanya berdiskusi di televisi dan sebuah diskusi tidak akan berguna tanpa adanya perbuatan nyata.
Selanjutnya yang membuat politik Indonesia kacau adalah parpol-parpol yang memilih selebritis tanah air untuk menjadi anggota partainya. Dengan maksud rakyat lebih banyak memilihnya karena kepopuleran. Sebernanya, yang dibutuhkan bukanlah kepopuleran akan tetapi kinerja yang optimal yang dapat membangun politik Indonesia menjadi sangat baik. Dan seharusnya parpol memilih anggota yang mahir pada bidangnya bukan asal-asalan.
Solusi saya sebagai mahasiswa : sebaiknya pemilihan anggota partai berdasarkan kriteria kriteria yang sudah ada, dan tidak ada suap menyuap dalam hal pemilihan anggota parpol, hal ini sebaiknya di lakukan dengan transparan tanpa adanya praktek partai politik,,

Bab 8
Pojok diskusi ..??
Analisislah bersama kelopmpok anda mengenai berbagai kasus dan masalah sosial baik yang di alami individu maupun masyarakat sebagai dampak psikis dari laju perkembangan zaman ..?
Jawab..!!
Pengaruh Pertumbuhan Penduduk Terhadap Perkembangan Sosial
Pertumbuhan penduduk yang signifikan akan berdampak pada perubahan sosial kehidupan masyarakat Indonesia. Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi system sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap-sikap dan pola-pola perilaku dalam masyarakat. Berikut adalah penjelasan mengenai pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap perkembangan sosial di masyarakat.
a. Meningkatnya permintaan terhadap kebutuhan sandang, pangan,dan papan
Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan pokok yang harus terpenuhi, yakni sandang, pangan, dan papan. Ketiga kebutuhan ini tak terelakkan lagi harus terpenuhi untuk kelanjutan hidup manusia. Kebutuhan akan sandang dapat dipenuhi oleh industry tekstil,kebutuhan akan pangan dapat dipenuhi oleh industri pertanian(salah satunya), dan kebutuhan papan dapat dipenuhi oleh industry bahan bangunan (salah satunya). Jika terjadi ledakan jumlah penduduk, maka semakin banyak pula manusia yang membutuhkan asupan sandang, pangan, dan papan.Tapi apa yang terjadi jika ternyata stok sandang, pangan, dan papan yang ada ternyata tidak mampu memenuhi kebutuhan penduduk yang jumlahnya semakin bertambah ?
b. Berkurangnya lahan tempat tinggal
Untuk memenuhi kebutuhan papan yakni rumah tentu kita memerlukan lahan untuk membangun. Semakin bertambah banyak penduduk, tentu kebutuhan akan rumah semakin banyak dan otomatis lahan yang dibutuhkan semakin banyak. Sementara lahan yang tersedia luasnya tetap. Yang akan terjadi adalah padatnya pemukiman dan sedikit sekali lahan-lahan kosong yang tersisa karena semakin sedikitnya lahan yang kosong, akan membuat harga tanah semakin melonjak, dan tentu saja masyarakat ekonomi menengah ke bawah tidak mampu membeli tanah untuk membangun rumah, sehingga mereka mencari “lahan” lain untuk tinggal, seperti kolong jembatan, taman kota, stasiun, emperan toko, dan lain-lain.
Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan papan, untuk memenuhi kebutuhan pangan pun kita memerlukan lahan. Misalnya beras, untuk menghasilkan beras tentu diperlukan sawah untukmenanam padi.Semakin bertambahnya penduduk semakin bertambah pula kebutuhan akan beras . Dan semakin bertambahnya kebutuhan beras akan semakin bertambah pula kebutuhan akan lahan untuk menanam padi. Apa yang terjadi jika lahan ‘lumbung padi’ nasional semakin lama semakin berkurang ? Jika kita dilihat dua fenomena di atas, ledakan penduduk  akan mengakibatkan terjadinya perebutan lahan untuk perumahan dan pertanian. Dan sebagian besar fenomena yang terjadi dewasa ini adalah pengikisan lahan yang lebih diutamakan untuk perumahan. Kemudian ledakan penduduk juga akan berakibat semakin berkurangnya rasio antara luas lahan dan jumlah penduduk atau yang  biasa kita sebut dengan kepadatan penduduk.
c. Meningkatnya investor yang datang
Dengan banyaknya jumlah penduduk akan berakibat menjamurnya pusat perbelanjaan. Seorang pengusaha tentu akan membangun usahanya ditempat yang strategis, tempat yang ramai, dan tempat yang menurutnya banyak terdapat konsumen. Kawasan padat penduduklah yang akan menjadi incaran para investor atau pengusaha. Untuk daerah perkotaan, para pengusaha akan cenderung untuk membangun pusat perbelanjaan modern atau yang biasa kita sebut Mall. Mungkin menurut sebagian besar orang, suatu daerah yang memiliki banyak Mall mencirikan bahwa daerah tersebut adalah daerah metropolitan yang masyarakatnya cenderung berada di kelas ekonomi menengah ke atas dan akan mendongkrak gengsi masyarakat. Padahal fakta yang ada di balik fenomena menjamurnya pusat perbelanjaan modern adalah meningkatnya sifat konsumtif. Jika jumlah pusat perbelanjaan di suatu daerah semakin banyak, lama kelamaan akan menimbulkan sifat konsumtif masyarakat di daerah tersebut.
Sifat konsumtif dapat berujung ke sifat malas, tidak  kreatif,dan akhirnya akan menuju ke arah kemiskinan. Mengapa sifat konsumtif dapat berujung ke sifat malas ? Hal ini disebabkan  karena masyarakat merasa semuanya sudah tersedia di pusat perbelanjaan tersebut. Sehingga mereka malas untuk  memproduksi sesuatu. Dan akibatnya masyarakat akan terus bergantung pada keberadaan pusat perbelanjaan tersebut dan menjadi masyarakat yang tidak produktif.
d. Meningkatnya angka pengangguran
Semakin bertambahnya jumlah penduduk tentu akan meningkatkan jumlah tenaga kerja yang tersedia. Namun bagaimana jika lapangan pekerjaan yang tersedia tidak cukup menampung jumlah tenaga kerja yang ada? Tentu hal ini akan berdampak pada meningkatnya angka pengangguran.

Bab 9
Pojok diskusi…??
Analisislah berbagai kasus bias gender di Indonesia dan bagaimanakah solusi penyelesaianya? Ambilah kasus tersebut bersumber dari berbagai media baik cetak maupun elektronik,diskusikan bersama kelompok anda…!!






No comments:

Post a Comment

MAKALAH DAN RPP MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE

“PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA TEMA PERIS...