RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IV / 1
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman guru, dan tetangga serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk hidup ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda –
benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan
konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehar, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
4.3 Menyajikan laporan hasil percobaan gaya dan gerak
menggunakan tabel dan grafik.
C. INDIKATOR
1. Siswa mampu
mengidentifikasi pemanfaatan gaya magnet dalam aktivitas sehari-hari
2. Siswa mampu
mengidentifikasi hubungan gaya dan gerak
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan kegiatan bereksplorasi dan
mengamati kegiatan sehari-hari, siswa mampu mengidentifikasi gaya magnet dalam
kehidupan sehari-hari dengan tepat.
2.
Dengan mempraktekkan secara langsung
siswa menjadi mengerti tentang gaya magnet.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
1. Hubungan antara gaya dan gerak
2. Macam-macam gaya
3. Gaya magnet
F. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Strategi : Problem Based Learning
Metode : Penugasan, Tanya jawab, Presentasi, Diskusi,
dan Ceramah
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1. Guru
mengucapkan salam dan mengajak siswa untuk berdoa bersama-sama
2. Guru
menanyakan kehadiran siswa
3. Menyanyikan
lagu Indonesia Raya
4. Menanyakan
materi yang telah dipelajari kemarin
5. Menyampaikan
tujuan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari
|
10
menit
|
Inti
|
1. Guru membagi siswa ke dalam
beberapa kelompok
2. Guru meminta siswa untuk mengamati gambar di papan
tulis
3. Guru memberikan penjelasan tentang gambar tersebut
dan materi
4. Guru membagikan kepada masing-masing kelompok alat
peraga, dan lembar kerja siswa
5. Guru memberikan penjelasan tentang kegiatan
pengamatan yang akan dilakukan
6. Siswa mengamati tentang gaya
magnet dan mendiskusikan hasilnya secara
kelompok. Masing- masing siswa diminta untuk menuliskan hasil pengamatan
mereka di lembar kerja yang telah dibagikan
7. Perwakilan siswa tiap-tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
|
45
menit
|
Penutup
|
1. Guru
memberikan penguatan dan penyimpulan tentang materi yang telah dipelajari hari
ini
2. Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan memberikan pendapatnya
mengenai pembelajaran hari ini
3. Guru
melakukan refleksi dari pembelajaran hari ini
4. Guru
memberikan tugas rumah (PR)
5. Guru
menyampaikan
rencana pembelajaran berikutnya
|
15 menit
|
H. SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Internet
(http://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id)
Media : Magnet,
jarum, seng, koin, benang, plastik, kertas, dan gambar.
I. PENILAIAN
Kriteria
|
YA
|
TIDAK
|
Siswa dapat menjelaskan hubungan
gaya dan gerak
|
||
Siswa dapat menjelaskan macam-macam
gaya dengan benar
|
||
Siswa dapat menjelaskan definisi
gaya magnet dengan benar
|
||
Siswa dapat menjelaskan tentang
benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet dengan benar
|
||
Siswa dapat menemukan
contoh-contoh pada gambar
|
||
Siswa dapat menyebutkan
jenis-jenis magnet dengan benar
|
Penilaian Sikap
No.
|
Sikap
|
Belum Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai Berkembang
|
Membudaya
|
Ket.
|
1
|
Rasa ingin tahu
|
|||||
2
|
Bekerja sama
|
|||||
3
|
Tekun
|
|||||
4
|
Teliti
|
Catatan : centang (√ ) pada bagian yang memenuhi
kriteria
Lembar penilaian sikap
No.
|
NAMA
|
Sikap
|
Ket.
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
Ket :
1 = Rasa ingin
tahu BT
= Belum Terlihat
2 = Bekerja
sama MT
= Mulai Terlihat
3 =
Tekun MB
= Mulai Berkembang
4 =
Teliti M
= Membudaya
Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan,
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
Aspek/ Kegiatan
|
Sikap
|
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Bereksplorasi melakukan
aktivitas
sehari-hari tentang gaya
magnet (mengamati gambar)
|
Rasa ingin tahu
kerja sama
tekun
teliti
|
Mencari informasi dan
menemukan contoh gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari
|
Melakukan percobaan menggunakan
magnet
|
Diskusi kelompok dan menulis
laporan
|
kerja sama
tekun
teliti
|
Memberikan jawaban dan kesimpulan yang tepat
|
Menuliskan hasil laporan
dengan baik dan rapi
|
Lembar Penilaian proses
No.
|
Nama
|
Sikap
|
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
Ket :
1 = Rasa ingin
tahu BT
= Belum Terlihat
2 = Bekerja
sama MT
= Mulai Terlihat
3 =
Tekun MB
= Mulai Berkembang
4 =
Teliti M
= Membudaya
Catatan :
Penilaian pengetahuan
diambil dari nilai yang diperoleh siswa pada lembar kerja selama kegiatan
pembelajaran saintifik
Lembar Kegiatan
Siswa
NAMA :
NO. URUT :
KELAS :
NO
|
NAMA
BENDA
|
TERTARIK/TIDAK
TERTARIK
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
KESIMPULAN:
Mengetahui ................
, ... ................ ......
Kepala
Sekolah, Guru/Wali
Kelas ,
……………………………… ..............................................
NIP. ………………………… NIP.
.....................................
No comments:
Post a Comment